Hamilton masih Tercepat

Mobil Sebastian Vettel (Red Bull) bermasalah di latihan pertama sehingga dia terpaksa absen di latihan bebas kedua.
P EMBALAP Mercedes Lewis Hamilton mengukuhkan dominasi timnya di arena balap Formula Satu (F1) pada latihan bebas jelang GP Spanyol di Cirkuit de Catalunya, Barcelona. Sementara itu, juara dunia berturut-turut empat kali Sebastian Vettel (Red Bull) dipastikan bakal absen di latihan bebas kedua karena masalah listrik pada mobil RB10 miliknya.

Hamilton melahap trek sepanjang 4.655 km dalam 1 menit 27,023 detik. Dia lebih cepat 0,868 detik daripada pembalap McLaren Jenson Button. Hasil itu membuat pembalap Inggris itu sebagai salah satu pembalap yang mesti disaksikan setelah menjuarai tiga seri berturut.

Sementara itu, pemimpin klasemen sementara yang merupakan rekan setim Hamilton, Nico Rosberg, hanya menjadi tercepat kelima. Pembalap tuan rumah, Fernando Alonso (Ferrari), yang juga juara musim lalu di sirkuit itu menjadi tercepat keempat di latihan itu.
Alonso mencatatkan watktu tercepat 1 menit 28,128 detik.
Yang menjadi tercepat ketiga pada latihan sesi pertama kemarin ialah Daniel Ricciardo. Dia terpaut 0,953 detik dari Hamilton. Vettel yang merupakan rekan setim Ricciardo harus meminggirkan mobilnya setelah melakukan empat putaran. Juara sembilan seri terakhir musim 2013 itu, kemarin, menggunakan sasis yang berbeda.

Marshal sempat memberinya pemadam api saat Vettel memeriksa mobilnya sesaat setelah berhenti.
“Kami mengalami masalah listrik di mobil Seb. Kami tidak tahu apa penyebabnya. Masalah listrik ini memengaruhi radio dan banyak hal penting dalam mobil,'' kata Kepala Tim Red Bull Christian Horner.
“Tim akan memperbaiki mobil Seb agar dapat digunakan pada latihan bebas ketiga besok (hari ini).'' Pada 2014, Vettel mengalami start terburuk sejak bergabung dengan Red Bull. Jika dibandingkan dengan musim lalu, Vettel musim ini hanya berhasil mengemas 33 poin dari empat balapan awal musim.

Bahkan, di dua balap terakhir, di Bahrain dan Tiongkok, Vettel selalu berada di belakang rekan setimnya, Ricciardo.
Sementara itu, musim lalu, Vettel berhasil naik podium 1 di GP Australia dan GP Malaysia kemudian jadi runner-up GP Bahrain, dan posisi keempat GP Tiongkok.

Yakin Vettel Sejak musim ini bergulir, Vettel telah berusaha untuk menyesuaikan diri dengan mobilnya. Namun, pembalap Jerman itu belum berhasil menggali potensi mobilnya.

Masalah kurang nyetel dengan mobil pernah dialami Vettel di musim 2012. Di paruh awal musim Vettel mengalami maju-mundur.
Baru di paruh terakhir musim, Vettel bisa tampil konsisten.
Horner meyakini yang dialami Vettel saat ini kurang lebih sama dengan musim 2012. “Saya melihat potensi bahwa Vettel bakal melakukan ‘lompatan’ besar nanti.’’ (Reuters/Crash.net/R-2) – Media Indonesia, 10/05/2014, halaman 24

0 komentar:

Poskan Komentar