Lippo Perluas Jaringan Aryaduta

"Investasi untuk pembangunan 50 hotel tersebut mencapai lebih dari US$350 juta."

GRUP Lippo akan memperbesar bisnis hotel dengan memperluas jaringan Hotel Aryaduta serta merambah bisnis hotel skala menengah.

“Kami lihat demand tinggi dari pelancong domestik yang dipengaruhi juga oleh leisure dan pertumbuhan bisnis pesat dengan semakin banyaknya exhibition, conference center, atau proyek,” ujar Chief Marketing Officer Hospitality & Leisure Group PT Lippo Kara
waci Tbk, Rosmalia Hardman, dalam jumpa pers perayaan ulang tahun ke-40 Hotel Aryaduta di Jakarta, kemarin.

Menurut Rosmalia, pihaknya akan membangun 50 hotel baru hingga 2020. Penambahan meliputi 40 hotel kelas menengah (mid scale) dan 10 hotel kelas atas (up scale). Adapun pembangunan hotel bertahap sebanyak 2-4 unit per tahun.

Wilayah pembangunan mencakup Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Bali, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur.

“Kami akan buat hotel mid scale dan up scale dengan nama berbeda. Untuk up scale tetap Hotel Aryaduta, tapi untuk mid scale belum ada,” imbuh Rosmalia. Perempuan berambut panjang itu menambahkan brand hotel mid scale nanti diumumkan di akhir tahun.
Dengan sasaran lebih banyak tamu domestik yang saat ini sekitar 70%-80%, Hotel Aryaduta potensial untuk dikembangkan. Saat ini saja, tingkat hunian hotel su dah melebihi 70% per hari.

Rosmalia juga menilai Hotel Aryaduta punya posisi unik karena tergabung dalam kawasan terintegrasi yang juga memiliki rumah sakit, pusat perbelanjaan, sekolah, dan kota mandiri.

Lebih lanjut ia menaksir investasi pembangunan 50 hotel itu mencapai lebih dari US$350 juta. Investasi itu diakui Rosmalia dari kombinasi arus kas internal perusahaan, ekuitas, dan sumber dana lain seperti pinjaman.
“Pada 2015 kami akan opening di Kuta, Bali dan CITO, Surabaya, up scale hotel, dengan investasi masing-masing US$25 juta,” lanjutnya.

Sebanyak hampir 200 kamar akan dibangun di Hotel Aryaduta Kuta Bali dan 200 kamar di Hotel Aryaduta Surabaya CITO.
Saat ini Hotel Aryaduta me miliki delapan hotel yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Manado, dan Makassar. Total jumlah kamar jaringan Hotel Aryaduta mencapai 1.700.
Pada kesempatan sama, Head of Corporate Communication Lippo Karawaci Danang Kemayanjati meng-utarakan pendapatan dari kawasan integrasi Lippo mencapai 53% di kuartal I. Adapun kontribusi Hotel Aryaduta mencapai 8%.
“Kami harap dengan penambahan hotel, kontribusi Hotel Arya-duta menjadi double digit,” ucapnya. (Ire/E-2) Media Indonesia, 4/6/2014; 19

0 komentar:

Poskan Komentar